erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Tips Memulai Usaha Ternak Lele dengan jaminan BPKB

Hasil gambar untuk https://produk.bfi.co.id/

Ternak lele menjadi usaha yang menguntungkan karena punya potensi pemulihan modal yang cepat dan pasti laku. Lele menjadi makanan favorit banyak orang dan saat ini banyak sekali rumah makan yang menyediakan pecel lele sebagai menu utama. Sehingga lele menjadi ikan yang banyak dicari-cari dan pasti akan selalu dibutuhkan.

Karena banyak permintaan akan lele, maka ternak lele menjadi hal yang menguntungkan untuk dijalankan. Memiliki prospek usaha yang bagus, anda bisa memulai untuk usaha ternak lele. Namun terkadang memulai usaha terkendala modal, anda tidak perlu khawatir karena ada pinjaman BPKB untuk modal anda. 

Hasil gambar untuk https://produk.bfi.co.id/

Tips untuk memulai usaha ternak lele adalah anda tidak takut untuk mecoba memulai usaha. Walaupun usaha ternak lele terlihat mudah namun kemungkinan bangkrut pasti ada. Maka anda harus menghilangkan ketakutan akan kebangkrutan dan ketidak tahuan cara untuk memilih bibit lele yang unggul dan cara untuk mengembangkan ternak lele anda.

Lalu miliki niat yang kuat dan tangguh serta berdoalah agar sukses dalam memulai usaha ternak lele. Setelah itu gunakan modal pinjaman BPKB jika anda tidak punya modal. Bibit lele yang unggul adalah bibit lele yang tidak gampang mati sehingga anda tidak rugi.

Ciri-cirinya antara lain bibit lele sehat, gerakannya licih, fisik sempurna, memiliki induk yang bagus, memiliki ukuran yang sama dengan yang lain serta berasal dari tempat budidaya yang memiliki sertifikat resmi. Lalu cara mengembangkan bibit lele adalah anda memiliki kolam yang luas dan bersih. Setelah itu beri makan pada pagi dan sore hari serta perhatikan kebersihan kolam. 

Larangan dalam berternak lele agar sukses adalah jangan terlalu memaksakan jumlah kolam yang melebihi kapasitas. Pastikan ikan lele bisa lumayan bergerak leluasa, karena ikan lele rawan dengan kanibalisme.

Tidak ada yang salah ketika anda memulai usaha dengan menggunakan pinjaman BPKB. Malah hal tersebut akan memacu anda untuk lebih giat dalam mengembangkan usaha ternak lele anda.