erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Fungsi Senam Otak Berdasarkan Usia

f:id:erwinwidianto:20170721184804j:plain

Senam otak merupakn serangkaian gerakan untuk menstimulasi otak agar dapat berkembang dengan baik. Maka hal ini sangat baik dilakukan oleh anak usia dini, agar otak anak dapat berkembang dengan baik dan meningkatkan kecerdasan anak. Mengingat otak merupakan organ vital setiap manusia, maka harus dijaga sebaik mungkin supaya dapat bekerja dengan baik.

Otak terdiri dari dua bagian yaitu kiri dan kanan. Otak kiri bekerja dalam hal-hal yang berhubungan denan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca. Sedangkan otak kanan bekerja pada hal-hal yang berhubungan dengan sosialisasi, interaksi dan komunikasi dengan manusia lainnya.

Agar kedua belahan otak dapat bekerja dengan optimal, salah satunya adalah melakukan senam tersebut. Cara melakukan senam otak yang baik adalah sepuluh sampai lima belas menit dalam setiap latihan  yang dilakukan setiap dua atau tiga kali dalam sehari.

Latihan ini dapat dilakukan oleh siapa saja baik itu anak-anak, dewasa hingga lansia.

Manfaat untuk anak-anak

Untuk anak-anak senam ini sangat baik untuk melatih fungsi otak agar dapat berkembang dengan baik. Selain untuk meningkatkan kecerdasan otak, senam ini juga dapat meningkatkan daya ingat dan kreativitas pada anak, mempertajam konsentrasi dan fokus. anda dapat memberi latihan iini pada anak secara rutin untuk mengoptimalkan kerja otak pada anak.

Manfaat untuk orang dewasa

Sebenarnya senam ini banyak dilakukan oleh orang dewasa yang sibuk bekerja. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan stress setelah penat bekerja, meningkatkan kepercayaan diri, merelaksasi otot, dan meningkatkan semangat pada seseorang walaupun sedang jenuh bekerja.

Manfaat untuk lansia

Untuk lansia latihan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot-oto yang sudah lemah, meningkatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit pikun, menjaga tubuh tetap stabil dan menumbuhkan semangat kepada para lansia untuk tetap mau hidup sehat dan kuat.

Itulah beberapa manfaat senam otak berdasarkan usianya. Yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan pola hidup yang baik. rajin berolahraga dan  tetap tersenyum.