erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Cara Mudah Menghafal Huruf Bagi Anak

f:id:erwinwidianto:20170824134556j:plain

Proses belajar pada anak biasanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan proses belajar pada anak yang sudah lebih dewasa, karena biasanya anak akan lebih menyukai proses belajar sambil bermain, sehingga anak tidak akan merasa terpaksa dalam mepelajari sesuatu hal. Selain itu, proses belajar yang dalam tekanan akan membuat anak tertekan dan mengalami masalah dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan menjadi solusi utama untuk mewujudkan keberhasilan proses belajar anak. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, apalagi untuk kemampuan menulis, membaca, berbicara, dan menyimak, sehingga akan membutuhkan teknik pembelajaran yang berbeda juga. Jika anak anda masih belum dapat mengetahui berbagai jenis huruf, maka anda harus dapat menemukan cara yang tepat, agar anak anda dapat lebih mudah dalam menghafal jenis-jenis huruf.

 

Berikan asupan makanan yang tepat untuk anak anda seperti memberikan susu dancow yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecerdasan otak anak. Selain itu, cara menghafal yang tepat harus dapat diterapkan dalam proses belajar anak dalam menghafal huruf, tetapi anda harus dapat menggunakan cara mudah menghafal huruf bagi anak yang sesuai dengan karakter anak.

 

Ada beberapa cara mudah menghafal huruf bagi anak yang dapat anda gunakan di rumah, diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Gunakan tulisan huruf yang memiliki banyak jenis warna, sehingga anak anda akan merasa senang dan bersemangat dalam menghafal huruf dengan baik dan benar.
  2. Buatlah ilustrasi dari huruf yang akan anda gunakan sesuai dengan benda yang diketahui oleh anak anda, agar anak akan lebih mudah mengingat huruf tersebut, misalnya huruf A anda ilustrasikan dengan makanan Apel, kemudian Huruf B anda ilustrasikan dengan hewan Bebek, dan seterusnya.
  3. Anda sebaiknya membuat jadwal untuk anak anda belajar, sehingga anak akan lebih fokus saat belajar huruf dan menghafalkannya hingga ingat.

Demikian ulasan tentang cara mudah menghafal huruf bagi anak yang dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan membuat jadwal belajar anak terlebih dahulu dan mempersiapkan materi yang menarik bagi anak.