erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Cara Belajar Membaca yang Menyenangkan

f:id:erwinwidianto:20170823133533j:plain

Saat ini ketika anak memasuki sekolah taman kanak – kanak atau bahkan masuk kep pendidikan anak usia dini, biasanya pihak sekolah mengharuskan anak sudah bisa memahami dan mengamati serta bisa membaca walaupun satu kata. Kemampuan membaca anak memang hal yang paling harus diterapkan paling pertama karena dengan kemampuan membaca yang baik, anak akan menjadi pintar serta memamahi segala hal yang berkaitan dengan dunia akibat hasil dari apa yang mereka baca. Membaca merupakan jendela dan gudang ilmu, yang mana dengan membaca ini, anak – anak akan lebih menambah pengetahuannya serta menemukan hal – hal baru.

Adapun cara belajar membaca anak tentunya harus menyenangkan. Arttinya, membuat mereka semangat dalam belajar tidak harus dipaksa yang membuat mereka menjadi enggan dalam belajar. Oleh sebab itu kita sebagai orantua harus pintar dalam melatih anak belajar membaca.

Ada beberapa metode yang bisa anda terapkan dalam melatih anak membaca sebagai suatu cara belajar membaca yang efektif dan menyenangkan yang akan dijalani anak dengan penuh kegembiraan. Berikut diantaranya.

  • Metode Membaca sambil bernyanyi.

Metode ini merupakan suatu cara yang tepat serta mudah dilakukan oleh anak, bahkan tanpa tekanan dan tidak membuat anak merasa takut dalam belajar. Metode membaca sambil bernyanyi bisa dilakukan dengan melakukan dengan menyanyikan abjad, huruf atau juga menyanyikan kata yang terus diulang ulang, atau juga bisa menuliskan sebuah lagu misalnya lagu “balonku ada lima” kemudian biarkan dia membaca sambil bernyanyi.

  • Metode Membaca Sambil Bercerita

Langkah ini juga sangat mudah, yang mana, ketika anak sudah mulai lafal dalam membaca mesti satu kata, nah anda bisa menecritakan sebuah kejadian dituliskan dalam kertas, kemudian meminta ia untuk membacakannya dan didengarkan oleh orang rumah, hal ini akan memotivasi anak mau belajar membaca terus menerus.

  • Metode membaca sambil menulis.

Dalam latihan membaca ini, mempunyai dua fungsi yaitu membaca dan menulis, yang mana kemampuan ini akan cepat tertanam dalam diri anak, langkahnya, anda bisa mengajarkan anak membaca dengan metode menempelkan gambar atau tulisan pada dinding kemudian suruh ia membaca ssecara lantang sambil menuliskan ulang teksnya baik kata, kalimat atau huruf sesuai dengan kemampuan anak.

Itulah cara belajar membaca anak yang efektif dan menyenangkan.