erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Hal hal Yang Bisa Dilakukan Ibu Jika Anak Susah Makan

f:id:erwinwidianto:20170822162041j:plain

Saat ini makanan sering menjadi permasalahan bagi setiap anak baik itu bagi orang dewasa ataupun anak – anak. Sebab sekarang ini sudah banyak pilihan makanan yang siap di santap sehingga tidak perlu lagi untuk menunggu lama. Dan lagi anak – anak menyukainya makanan seperti itu sehingga ini menjadi pengambat dan membuat anak susah makan. Untuk itu sebagai orang tua pasti akan mencoba berbagai hal untuk bisa membuat anak mencoba mau makan dengan memberikan apa saja yang bergizi namun tidak instan. Apalagi bila sampai memperhatikan makanan bergizi atau tidaknya tentu ini menjadi hal yang baik bagi anak anda sehingga perkembangan dan pertumbuhannya bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Begitu banyak alasan anak untuk menolak makanan dan salah satunya yaitu dengan seringnya anak mengkonsumsi makanan yang siap saji. Dan biasanya faktor inilah yang bisa membuat anak menjadi sulit makan. Untuk itu sebagai orang tua perlu memperhatikan apa saja yang diperlukan oleh anak harus terpenuhi. Sebab biasanya yang sering menghambat anak susah makan ini adalah seperti makanan yang manis – manis, kentang goreng atau berbagai macam minuman yang sudah siap di konsumsi.

Jika anda memiliki permasalahan pada faktor ini maka anda bisa melakukan beberapa hal sehingga yang tadinya anak susah makan menjadi tidak susah makan diantaranya adalah :

  1. Di rumah hanya menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Dan hindari menyimpan makanan cepat saji di dalam rumah. Karena jika di ketahui oleh anak maka tentunya akan mempersulit anda dalam menjauhkan anak dari makanan yang cepat saji tersebut.
  2. Sediakan buah – buahan dan konsumsi secara bersama – sama dengan keluarga yang lainnya. Karena di dalam buah memiliki banyak nutrisi dan vitamin sehingga anda bisa sehat dan kuat.
  3. Hindari makanan yang di goreng agar anak terbiasa dengan berbagai jenis makanan yang di buat.
  4. Susu harus selalu di konsumsi walaupun anak dalam keadaan susah makan. Apalagi susu dancow sebab nutrisi dalam susu ini yang paling dibutuhkan oleh semua orang termasuk anak – anak karena bagus untuk masa pertumbuhan dan perkembangan.