erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Cara Efektif Mengatasi Masalah Anak Susah BAB

f:id:erwinwidianto:20171213165933p:plain

Pada saat anak kita mengalami masalah suah buang besar, para orang tua biasanya bingung, tidak tahu apa yang harus diperbuat. Ya, anak susah bab merupakan masalah yang sering bahkan berulang – ulang bisa diderita oleh siapapun termasuk anak – anak.

Anak kecil dengan kondisi organ pencernaannya yang belum begitu kuat untuk mengkonsumsi makanan yang sifatnya padat, sehingga akan mengakibatkan feses menjad keras sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan.

Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu sang anak dalam kesehariannya. Mereka tidak bisa bergerak bebas karena sedang merasakan perutnya yang sakit. Anak – anak juga menjadi rewel dan serba salah tentang apa yang diinginkannya.

Kondisi ini tentu saja membuat para orang tua menjadi cemas dan ingin sesegera mungkin membawa anak anda tersebut ke dokter. Dengan membawanya ke dokter, hal tersebut termasuk penanganan yang bagus untuk segera mengatasi masalah anak susah bab tersebut.

Namun, sebelum anda memutuskan membawa anak anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, maka anda sebetulnya bisa mencoba terlebih dahulu mengenai beberapa cara efektif untuk mengatasi permasalahan anak susah bab.

Adapun cara – cara mengatasi anak susah bab yang bisa anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Terlentangkan bayi ditempat yang nyaman, pegang kakinya dan gerakkan tungkai bayi secara lembut dengan gerakan seperti mengayuh sepeda secara bergantian. Gerakan ini untuk akan membantu memindahkan feses yang keras melalui sepanjang usus hingga mencapai anus sehingga membantu melancarkan buang air besar.
  2. Cobalah gliserin supositoria yang dimasukan ke dalam anus bayi secara perlahan, hal ini berguna untuk merangsang BAB. Jangan coba cara ini tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu.
  3. Berilah ia minum air putih sebelum atau sesuai minum susu. Pilih susu berkualitas yang cocok untuk anak anda. Anda bisa menggunakan susu produk Dancow yang telah terbukti memberikan manfaat yang sangat banyak untuk pertumbuhan anak

Cara mengatasi anak susah bab selanjutnya adalah jika bayi belajar makan

makanan padat, maka berilah lebih banyak air putih atau jus buah yang diencerkan.