erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

3 Perilaku Baik yang Harus diajarkan Sejak Dini

f:id:erwinwidianto:20171220230617j:plainMengajarkan perilaku atau kebiasaan baik memang harus dilakukan sejak dini. Hal ini karena kebiasaan atau perilaku baik yang ditanamkan sejak usianya masih dini akan berpengaruh terhadap masa dewasanya. Kebiasaan ini akan senantiasa terus dibawa hingga dewasa dan dan mempengaruhi perkembangan emosional, kognitif dan fisiknya.

Beberapa perilaku yang harus diajarkan sejak dini adalah sopan santun, tanggung jawab dan berbuat baik terhadap orang lain.

1. Sopan Santun

Poin pertama perilaku baik yang harus diajarkan adalah sopan dan santun. Kita ketahui anak-anak zaman sekarang sepertinya sulit menerapkan karakter sopan santun. Itu kenapa kita sebagai orang tua perlu mengajari nya sejak dini bahkan kita bisa mengajari nya sejak usianya masih balita. Anda bisa mengajarkan hal – hal sederhana semacam memberi salam ketika masuk kerumah, meminta izin sebelum meminjam peralatan orang lain, dsb.

Sopan santun perlu sekali kita ajarkan, karena perilaku ini akan sangat mempengaruhi perkembangan kognitif, emosional anak. Yang perlu kita lakukan adalah menjadi teladan bagi anak-anak. Saat mengajari nya, kita juga harus berperilaku sopan dan santun. Berbicara dengan bahasa yang sopan.

2. Tanggung jawab

Selain sopan santun, poin kedua perilaku baik yang harus diajarkan sejak dini adalah tanggung jawab. Tanamkan rasa tanggung jawab kepada anak mulai dari hal yang sederhana. Contoh anda bisa mneyuruhnya membereskan mainan yang dia gunakan seharian. Hal tersebut merupakan langkah untuk membuat anak tidak terlalu bergantung kepada orang lain. Selain itu anda  juga bisa memberikan pemahaman secara perlahan bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawabnya sendiri-sendiri.

3. Berbuat baik kepada orang lain

Perilaku baik nomor tiga adalah dengan berbuat baik kepada orang lain. Berikan pemahaman kepada anak bahwa kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, maka dari itu penting untuk kita berbuat baik kepada orang lain. Anda bisa mengajari anak-anak dengan hal sederhana seperti saling memberi. Contohnya anak anda bisa memberi makanan kepada anak yang lain. Terlebih jika anak yang lain tidak memiliki makanan tersebut.

Itulah 3 perilaku baik yang harus diajarkan sejak dini. Untuk mendukung tumbuh kembang anak anda Dancow bisa menjadi solusinya.