erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Cara Asyik Ibu Dalam Membesarkan Anak Kembar

f:id:erwinwidianto:20171221160905p:plain

Menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ketika kita dianugerahi anak dan apalagi jika langsung diberikan anak kembar oleh yang Maha Kuasa. Memiliki anak kembar menjadi lebih terasa instimewa karena kita memiliki dua orang anak yang memiliki wajah serupa (jika kembar identik).

Kedekatan ibu dan anak yang kembar terkadang harus dijaga dengan baik karena tentunya ada perhatian dan cara merawat yang harus dilakukan secara bersamaan. Tak jarang ibu memiliki kesulitan tersendiri dalam merawat buah hati kembar mereka.

Beberapa permasalahan kecil yang bisa timbul dalam membesarkan anak kembar adalah kondisi dimana ibu harus mampu merawat dua bayi sekaligus. Biasanya anak kembar juga memiliki pola tingkah yang sama.

Contohnya, jika yang satu menangis, maka yang satunya lagi juga bisa ikut menangis. Saat anak masih bayi, tentu sentuhan ibu sangat diperlukan bukan hanya untuk merawatnya tapi juga menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan anak.

Sering kali saat ibu fokus dengan satu bayinya dalam gendongan, bayi yang satunya harus di pegang entah oleh ayahnya, neneknya, atau pengasuhnya. Dalam hal ini, ibu tidak boleh lupa jika bayi yang satunya lagi juga harus diperlakukan dengan sama, mendapat sentuhan dan rawatan dari sang ibu.

Saat anak makin besar, kebanyakan orang tua selalu memberikan hal yang sama bagi si kembar. Baju yang sama, mainan yang sama, segalanya sama, padahal meskipun anak kembar identik khususnya memilki wajah yang sama, namun belum tentu sifat dan keinginan mereka juga sama.

Berikut adalah cara asyik ibu dalam membesarkan anak kembarnya.

  1. Tidak harus selalu memberikan baju dengan model atau warna yang sama. Selain agar lebih mudah untuk membedakan si kembar, pemberian baju juga tidak harus selalu seragam. Memang terlihat lucu jika anak kembar pakai baju yang sama. Namun, pikiran ini sebaiknya kita rubah karena saat dewasa nanti tentu si kembar akan berdiri sendiri dengan pilihan masing – masing.
  2. Kenali perbedaan sifat maupun karakter si kembar sedini mungkin agar kita juga tahu seperti apa keinginan mereka. Dengan mengetahui karakter masing – masing, kita bisa memberikan kebutuhan pun merawat mereka dengan cara yang sesuai dengan apa yang ada dalam karakter masing – masing.

Agar porsi kasih sayang antara ibu dan anak kembar seimbang, maka pastikan untuk memberi perhatian yang sama pada keduanya. Dukung tumbuh kembang anak dengan pendidikan yang terbaik serta nutrisi yang lengkap pula seperti yang dilakukan Dancow dalam mendukung tumbuh kembang anak sejak kecil hingga dewasa. Dancow selalu hadir dengan semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan anak dalam segelas susu yang enak dan bergizi setiap harinya.