erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Beberapa Faktor Penyebab Anak Hiperaktif

 

f:id:erwinwidianto:20180115203600p:plain

Menjadi orangtua tentunya tidaklah gampang. Apalagi jika harus menghadapi anak hiperaktif yang dianggap tidak normal. Terkadang sulit bagi mereka untuk mendidik anak yang mengalamai hiperaktif. Karena anak yang seperti ini cenderung nampak tidak mendengarkan dan lebih sulit untuk diatur. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi hiperaktif, diantaranya;

  • Faktor neurologik

Faktor yang satu ini disebabkan sang anak ketika masih bayi mengalami masalah oprenetal pada saat proses persalinan, persalinan dengancara ekstral formsep dan lain sebagainya. resiko terkena hiperaktif akan lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan secara normal. Masalah tersebut membuat perkembangan otak pada anak menjadi lebih lambat. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa faktor penyebab seperti berat badan bayi yang rendah, ibu yang merokok dan minum alkohol dan lain sebagainya.

  • Faktor toksik

Faktor toksik ini merupakan adanya racun di dalam tubuh yang menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Hal ini biasanya terdapat pada makanan yang mengandung  salsilat, dan bahan-bahan pengawet.  Zat yang terdapat pada makanan tersebut dapat berpotensi membentuk perilaku hiperaktif pada anak. selain itu ibu yang meroko dan minum alkohol dapat membuat kadar timah dalam serum anak menjadi lebih meningkat sehingga anak menjadi lebih hiperaktif.

  • Faktor genetik

Tidak bisa dipungkiri jika hal ini terjadi akibat faktor genetik dari keluarga anak yang hiperaktif. Penelitianpun menyebutkan kurang lebih 25-35 persen dari orang tua yang pada masa kecilnya hiperaktif akan menurun pada anak-anaknya. Faktor genetik ini memiliki korelasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan faktor yang lainnya.

  • Faktor psikososial

Hal ini bisa juga disebut faktor lingkungan. lingkungan juga dapat membentuk perilaku anak menjadi hiperaktif.  hal ini sering kita temukan pada hubungan yang keliru antara anak orangtua dan anak. untuk itu biming dan didiklah anak sebaik mungkin agar menjadi pribadi yang baik dan cerdas. Untuk mengatasinya cobalah untuk mengenali bakat anak sehingga anda bisa menyalurkannya.

Itulah beberapa faktor penyebab anak hiperaktif. Untuk itu berilah anaka nutrisi yang cukup dengan memberinya susu Dancow yang meruapakn susu terbaik untuk anak dalam masa pertumbuhan.