erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Beberapa Tips Penting Bagi Mahasiswa Baru

f:id:erwinwidianto:20170911133819p:plain

Kuliah berarti menyandang staus baru, yaitu dari siswa menjadi seorang mahasiswa. Rasanya memiliki kebanggaan tersendiri memiliki status baru tersebut apalagi jika kampus kita adalah Universitas Indonesia yang merupakan salah satu collage in Indonesia yang terbaik, pastinya akan lebih bangga lagi.

Namun sebelum memasuki dunnia perkuliahan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti mental, biaya dan lain sebagainya. Semua itu harus dipersiapkan secara matang. Karena untuk menjadi mahasiswa yang sukses tidak hanya mengandalkan kecerdasan orak saja, namun juga membutuhkan keterampilan dalam segala hal. Berikut ini ada beberapa tips penting bagi kamu yang baru masuk kuliah, diantaranya:

  • Jadwal

Ketika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa, hal itu berarti pola pikir kamu sudah harus lebih dewasa. Jangan terus mengandalkan orangtua. Kamu harus bisa mandiri dalam melakukan apapun. Mengingat jadwal seorang mahasiswa lumayan agak padat. Untuk itu kamu harus pintar-pintar mengatur waktu. Jika perlu buatlah lembaran jadwal harian kamu, bisa di tempelkan di dinding, bisa juga masukan ke dalam buku agenda, sehingga bisa dibawa kemanapun kamu pergi.

  • Pahami sistem

Cara belajar selama kuliah akan berbeda dengan si sekolah. Di bangku perkuliahan kamu dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk itu kamu harus memahami sistem pembelajaran di perkuliahan seperti SKS, penilaian IPK dan sistem jam perkuliahan. Dengan memahami semua itu kamu sebagai mahasiswa baru tidak akan kelabakan sistem belajar yang berbeda tersebut.

  • Jangan malas

Buang jauh-jauh rasa malas ketika kamu masuk ke bangku kuliah. Banyak tugas dan kegiatan organisasi yang harus kamu lakukan saat kuliah. Sebelum rasa malas ini benar-benar datang, cobala untuk meluangkan waktu untuk menenagkan pikiran kamu. Sehingga mental dan pikiran kamu kembali fresh dan siap menjalani aktivitas perkuliahan.

Itulah beberapa tips penting bagi kamu yang menyandang status mahasiswa baru. Untuk itu pilihlah Universitas Indonesia yang merupakan salah satu collage in Indonesia terbaik. Sehingga kamu menjadi mahasiswa yang sukses dan siap menghadapai masa depan yang lebih baik.