erwinwidianto’s diary

Menyediakan Informasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Bisni, Ibu dan Anak

Universitas Indonesia Masuk Best University In Indonesia

f:id:erwinwidianto:20170724140340j:plain

Universitas Indonesia kini hadir dengan peringkat sebagai best university in Indonesia. Selain itu juga diposisi 277 UI menempati peringkat universitas di dunia.  Peringkat ini diberikan atas versi dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018. Kabar tersebut baru dirilis pada hari Kamis, 8 Juni 2017 kemari.

Pada tahun 2017 ini UI mengalami peningkatan yang memang sangat signifikan. Dengan performa indicator International Faculty”. UI ini melakukan pengukuran terhadap jumlah ekspatriat atau pendidik asing di dalam suatu perguruan tinggi.

Performa lain yang ditunjukan dari UI adalah pada indicator “Academic Reputation” dan “Employer Reputation”. Berdasarka survei yang dilakukan oleh tim QS pada pemimpin peruharan. Memang hal yang luar biasan bahwa lulusan UI dianggap paling berkompeten. Selain memiliki kompeten juga sangat inovatif, serta efektif di dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.

Pemeringkat ini memang diberikan atas versi QS World University. Karena QS World University adalah pemeringkatan universitas-universitas di dunia. QS World University dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, yang merupakan perusahaan asal Inggris yang memang bergerak di bidang pendidikan.

QS World University merupakan pemeringkatan yang paling banyak digunakan sebagai bahan rujukan. Yang dilakukan bersama Times Higher Education World University Rankings dan juga Academic Ranking of World Universities. QS World University juga pemeringkatan resmi yang memang dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti. Dimana tugasnya untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

QS World University menggunakan pengukuran dengan enam indicator. Indicator yang digunakan adalah Academic reputation (40%). Unsur yang di ukur adalah unsur akademik secara menyeluruh dan Employer reputation (10%)

Faculty/student ratio yang komponen penunjang kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. Seperti halnya dari segi jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa. Jumlah presentase ini adalah 20%. Serta Citation per Faculty (20%) dan juga International Faculty (5%) dan International Student (5%).

Berikut tadi pembahasan terkait  UI sebagai best university in Indonesia. Semoga apa yang disampaikan di atas tadi bisa memberikan informasi bagi masyarakat dan orang lainnya.